Pelaku Perampokan SPBU Hutapaung Ditembak - Pollung

Rabu, 07 Februari 2018

Pelaku Perampokan SPBU Hutapaung Ditembak

Polres Humbang Hasundutan (Humbahas) berhasil melumpuhkan anggota kawanan perampok SPBU Hutapaung, Kecamatan Pollung. SPBU di Jalan Sidikalang Huta Paung, Pullung itu ditampok pada Kamis (24/8/2017), sekitar pukul 03.30 WIB. Korban menderita Rp 150 juta beserta 3 unit Hp milik petugas SPBU

Kasat Reskrim Polres Humbahas, AKP Jonser Banjarnahor, Jumat (25/8/2017), mengatakan, polisi berhasil mengamankan empat tersangka pada Kamis sore dan satu tersangka masih dalam pengejaran.

Lanjut Jonser mengatakan, kelima tersangka dalam melakukan aksinya menggunakan senjata api berhasil menggasak uang tunai kurang lebih Rp 150 juta. Modus kawanan perampok menggunakan mobil jenis Toyota Avanza silver berpura pura mengisi BBM di SPBU, selanjutnya menodong senjata terhadap penjaga SPBU.

Untuk menghindari pegawai SPBU teriak, pelaku menutup mulut dan mata empat karyawan SPBU, kemudian menggiring menuju brankas dan dipaksa untuk menyerahkan uang. Selanjut perampok melarikan diri ke arah Kecamatan Pakkat.

Selang beberapa jam kemudian, pihak SPBU melaporkan kejadian tersebut. Berdasarkan laporan, polisi langsung turun ke TKP untuk melakukan penyelidikan. Kemudian pemeriksaan kepada saksi (petugas SPBU).

Tim Polres Humbahas melakukan pengejaran terhadap pelaku dengan bukti awal bahwa pelaku dalam melakukan aksinya mengunakan mobil Avanza. Untuk melokalisir dan mempersempit ruang gerak dalam pengejaran kelima tersangka, Polres berkoordinasi dengan Polsek dan juga melakukan koordinasi dengan pihak polres lain.

Berdasarkan pengembangan informasi, untuk mengelabui petugas, para pelaku perampokan dengan modus mengganti beberapa kali nomor polisi.

“Akan tetapi, dengan bukti awal yang kita kantongi, mobil yang ditumpangi pelaku ditemukan dan langsung kita melakukan penembakan terhadap mobil kawanan perampok,” ujarnya.

Kawanan perampok berhasil melarikan diri ke hutan hutan di daerah Kecamatan Pakkat. Tim Polres melakukan pengejaran dan ahirnya berhasil menangkap pelaku.

“Untuk saat saat ini, empat pelaku sudah diamankan inisial AS,JS,SH,L dan satu perampok belum tertangkap inisial P,” ujarnya.

Ditambahkannya, satu dari pelaku yang berhasil dilumpuhkan telah dirujuk ke Medan.

Sebelumnya, Manager SPBU Hutapaung, Jubaida Siboro, kepada wartawan menceritakan peristiwa perampokan itu berlangsung secara tiba-tiba saat kondisi SPBU terlihat sepi, hanya ke 4 anggotanya yang sedang bertugas menjaga pom bensin.

“Operator yang bertugas mengira mereka pelanggan mau ngisi bensin. Tapi tiba-tiba saja, gerombolan itu mengeluarkan senjata api dan menodongkannya ke petugas kita, lalu berkata jangan ada yang melawan, matikan CCTV, kalau mau selamat,” kata Siboro.

Siboro menyebutkan, sebanyak 4 orang dari gerombolan perampok tersebut kemudian menggiring seluruh petugas SPBU ke dalam kantor SPBU dengan kondisi mata tertutup, tangan terikat dan mulut ditutup menggunakan lakban, sementara 2 orang perampok lainnya menjaga di luar.  (sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

More News