Humbang Hasundutan Tabligh Akbar di Mesjid Marade, Sipituhuta, Pollung - Pollung

Minggu, 18 Februari 2018

Humbang Hasundutan Tabligh Akbar di Mesjid Marade, Sipituhuta, Pollung

Masyarakat Humbang Hasundutan mengadakan acara Tabligh Akbar di Mesjid Al Muttaqin Marade Desa Sipituhuta, Pollung, Sumatera Utara.

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa kelompok majelis taklim dan perwiritan dari seluruh Humbang Hasundutan, seperti diinformasikan oleh akun Facebook Polres Humbang Hasundutan.

Baca: Zikir Akbar di Humbang Hasundutan

Pollung merupakan daerah yang dilalui oleh jalan provinsi antara Dairi dan Dolok Sanggul. Salah satu desa bernama Pansur Batu merupakan asal muasal leluhur Buya Syeikh Ali Akbar Marbun, Rais Syuriah PBNU dan pengasuh Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Medan dan Lae Toras Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.
Syeikh Ali Akbar Marbun (ketiga dari kanan) bersaam Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor (kelima dari kanan) (ilustrasi)

Leluhur Buya bermigrasi dari Bakkara ke Pansur Batu dan setelah itu ke beberapa daerah lain seperti Parbotihan, Simaninggir dan Siniang, Pakkat.

Di Pakkat bermukim keluarga adindanya, almarhum Mahmun Syarif Marbun atau akrab disapa Jureman Marbun. Selain sebagai tokoh masyarakat di Humbahas, keduanya merupakan alumni Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Mandailing Natal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

More News